Jaga Kelestarian Lingkungan, PSHT Cabang Batang, Pusat Madiun Tanam 1000 Bibit Pohon Kopi dan Durian

Foto : Saat penanaman 1000 Bibit Pohon Kopi dan Durian, Minggu (12/5/2024).

BATANG I shterate.or.id – Dalam upaya memelihara lingkungan dan kelestarian alam, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Batang, Pusat Madiun menggelar kegiatan bakti sosial penanaman pohon dengan melibatkan 150 pendekar yang menanam sebanyak 1000 bibit pohon kopi dan durian.

Kangmas Bambang Heryanto Ketua PSHT Cabang Batang menjelaskan bahwa tujuan penanaman pohon ini untuk memelihara lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

“Tujuan penanaman pohon PSHT Cabang Kabupaten Batang ini dalam rangka memayu hayuning bawana atau memelihara lingkungan hidup dan menjaga kelestariaan alam,” jelasnya saat di temui, di Depan Kantor Balai Desa Cablikan, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Minggu (12/5/2024).

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Sendang Kamulyan Batang melalui Akmat Bahrun menyambut baik kegiatan penanaman pohon ini, mengakui bahwa hal ini penting untuk menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber mata air

“Kami sangat berterimakasih atas diadakannya kegiatan penanaman pohon di Desa Cablikan, Kecamatan Reban. Hal ini sangat bermanfaat dalam menjadi kelestarian sumber mata air dan menjaga keseimbangan alam,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua FKP (Forum Komunikasi Pelanggan) Perumda Sendang Kamulyan Batang H. Jumadi, menekankan pentingnya sinergi antara Perumda Sendang Kamulyan Batang dan PSHT Cabang Batang dalam menjaga ketersediaan air bagi masyarakat.

“Sinergitas antara Perumda Sendang Kamulyan Batang harus tetap terjaga, dikembangkan dan disatukan. Kebutuhan utama masyarakat adalah ketercukupan air. Seperti dalam visi kami yaitu air itu continue, kualitas dan kuantitas. Satu satunya cara adalah bagaimana sumber air terjaga serta perlunya penanaman hutan kembali, penanaman daerah tangkapan air, sehingga lumbung-lumbung air akan tercukupi dengan baik,” tegasnya.

Kerja sama antara Perumda Sendang Kamulyan Batang dengan PSHT Cabang Batang telah berlangsung sejak 10 Januari 2024 dengan memberikan 1000 bibit pohon kepada Perumda Sendang Kamulyan Batang untuk ditanam bersama.

“Kedepan saya berharap kegiatan seperti ini dapat berjalan terus, dapat terakomodir. Kalau perlu bisa menjadi kegiatan tahunan PSHT Pusat Madiun,” harapnya.

  • Reporter : Huda-Sakirin. 
  • Editor : HUMAS-PUSAT/ANG.