Dansat Brimob Polda Jatim dan Anggota Komisi III DPR-RI Hadiri Pembekalan Calon Warga SH Terate Tuban

  • Bagikan
Ket. Foto: Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jawa Timur, Kombes. Pol. Guruh Arif Darmawan, S.I.K., M.H

TUBAN | shterate.or.id – Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jawa Timur, Kombes. Pol. Guruh Arif Darmawan, S.I.K., M.H, dan Anggota Komisi III DPR RI, Kangmas Dr. H. Didik Murkrianto, S.H., M.H, menghadiri kegiatan pembekalan kepada calon warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tuban, Jawa Timur 2022.

Pembekalan yang dilaksanakan di Padepokan SH Terate Cabang Tuban tersebut berlangsung selama dua hari yakni pada Jumat 27 – Sabtu 28 Mei 2022.

Kepada calon warga baru, Kombes. Pol. Guruh Arif Darmawan, menyampaikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) yang meliputi pemahaman Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Dengan diberikannya Wasbang ini harapannya calon warga dapat mencintai tanah airnya. Dapat hidup disiplin dan tentunya dapat menghargai tentang perbedaan,” harap Kombes. Pol. Guruh.

Kombes. Pol. Guruh juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SH Terate Cabang Tuban yang selalu berupaya mewujudkan serta mengamalkan ajaran SH Terate.

Ket. Foto: Kangmas Dr. H. Didik Murkrianto, S.H., M.H, (Anggota Komisi III DPR RI sekaligus Wakil Ketua Lembaga Pengkajian Ajaran)

Sementara itu, Wakil Ketua Lembaga Pengkajian Ajaran, Kangmas Dr. H. Didik Murkrianto, S.H., M.H, yang juga anggota Komisi III DPR RI dalam kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa kegiatan pembekalan calon warga yang dilakukan Cabang Tuban merupakan terobosan baru.

Menurut beliau zaman modern terus dinamis. Materi terkait dengan nasionalisme penting untuk diperkuat. Karena SH Terate bukan hanya terkait dengan ilmu dan ajaran ataupun tentang benar dan salah saja. Tetapi pendirian SH Terate didedikasikan untuk bangsa dan negara.

“SH Terate dilahirkan sebagai alat perjuangan, maka dari itu Kangmas Ki Hajar Hardjo Oetomo sebagai pendiri SH Terate diberikan anugerah oleh bangsa ini sebagai Pahlawan Nasional,” ungkapnya.

Selain itu, turut hadir Kapolres Tuban, AKBP Darman beserta sejumlah perwira, Komandan Kompi Brimob Madiun, pengurus cabang, ketua ranting dan pelatih.

Untuk diketahui, Kombes. Pol. Guruh pernah menjabat sebagai Kapolres Tuban saat berpangkat AKBP dengan segudang sejarah. Diantarannya adalah membuat Pendekar Anti Narkoba dan Pendekar Kamtibmas. Serta meletakkan batu pertama pembangunan Padepokan SH Terate Cabang Tuban.

Dan saat itu bersamaan dengan Dandim 0811/Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto yang keduanya sama-sama warga SH Terate secara terang-terangan berpakaian sakral melakukan sambung persaudaraan di Alun-Alun Tuban dengan disaksikan ribuan warga, sehingga hal itu menjadi peristiwa yang sangat langka di negeri ini.

Kontributor: Rhofik Susyanto
Editor: Tim Humas Pusat
Publisher: DNY

  • Bagikan