“Se-Indonesia Harus Sama”, Cabang PSHT Lombok Timur Gelar Diklat Pencak Silat Ajaran

Foto : Peserta Diklat Pencak Silat Ajaran saat berfoto bersama di Padepokan Lombok Timur, Pusat Madiun, Minggu (31/12/2023).

LOMBOK TIMUR I shterate.or.id – Pengurus Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Lombok Timur, Pusat Madiun menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pencak Silat Ajaran, bertempat di padepokan Cabang Lombok Timur, tepatnya di Desa Kota Raja, Lombok Timur, Minggu (31/12/2023).

Kegiatan Diklat Pencak Ajaran yang di gelar selama dua hari, mulai tanggal 29-31 Desember 2023 ini diikuti sebanyak 42 peserta, dari 15 Ranting di wilayah Cabang Lombok Timur.

“Diklat yang diadakan di Padepokan Cabang PSHT Lombok Timur yang baru dibangun ini, di ikuti sebanyak 42 peserta dari 15 Ranting se-Cabang Lombok Timur,”terang Kangmas Zainal Abidin Ketua PSHT Cabang Lombok Timur.

Setelah mengikuti Diklat, lanjut Kangmas Zainal Abidin, mereka diharapkan dapat menularkan materi Diklat kepada para pelatih lainnya yang ada di wilayah Ranting di Cabang Lombok Timur.

“Setiap pelatih harus memiliki wawasan kepemimpinan. Dia harus dapat menjadi tauladan bagi warga, terutama bagi pelatih,”tambahnya.

Lebih lanjut Kangmas Zainal Abidin menyampaikan, bahwa pelatih PSHT tidak cukup dituntut menguasai materi senam, jurus dan bela diri praktis saja. Akan tetapi wawasan kepemimpinan juga harus dijawantahkan dalam sikap dan perilaku seorang pelatih. Pelatih akan menjadi rujukan bagi siswa di dalam mengenyam ajaran PSHT. Dia akan membentuk kualitas warga PSHT yang akan meneruskan estafet selanjutnya.

Sementara Sekretaris Cabang PSHT Lombok Timur, Kangmas M. Suhardi Kholis menyatakan, materi latihan, khususnya senam dan jurus, harus sama se-Indonesia.

Diklat diharapkan menjadi rujukan bagi pelatih lain dalam memberikan meteri latihan kepada siswa. Diklat itu merupakan tindak lanjut dari Diklat PSA yang diadakan Pengurus Pusat PSHT di Padepokan Agung Madiun (PAM) tanggal 15-17 Desember 2023.

“Pengurus Cabang PSHT Lombok Timur mendapat amanah melaksanakan kegiatan Diklat serupa dengan slogan “ajaran PSHT sak Indonesia kudu podo (se-Indonesia harus sama,”tegas Kangmas Suhardi.

Ada empat pelatih Diklat yang juga alumni peserta Diklat PSA di PAM tanggal 15-17 Desember 2023, yaitu M. Suhardi Kholis, Sulaeman, Lalu Hendra Bayu dan Doni Mirzam. Sukses selalu.

  • Kontributor : Dwi Sudarsono.
  • Editor : HUMAS-PUSAT/ANG.