SH Terate Cabang Pontianak, Pusat Madiun Gelar Diklat Pencak Silat Ajaran 2023

Foto : SH Terate Cabang Pontianak, Pusat Madiun Gelar Dikat Pencak Silat Ajaran 2023.

PONTIANAK I shterate.or.id – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Pontianak, Pusat Madiun telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pelatih Pencak Silat Ajaran tahun 2023. saat ini bertempat di Aula HUBDAM XII/Tanjung Pura, Jl. Imambonjol, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (12/11/2023).

“Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari mulai hari Minggu 12 November–rabu 14 November 2023 tersebut diikuti oleh 50 peserta dari 9 Ranting dan Komisariat se-Kota Pontianak,”terang Kangmas Sutrisna Ketua Panitia yang juga sebagai Ketua II Bidang Pencak Silat Ajaran dan Prestasi PSHT Cabang Pontianak.

Lebih lanjut, Kangmas Sutrisna juga mengatakan bahawa kegiatan ini merupakan program dari Cabang SH Terate Kota Pontianak, Pusat Madiun yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepelatihan para pelatih di lingkungan intern SH Terate Cabang Pontianak.

Adapun materi, kata Sutrisna di kegiatan ini meliputi senam, jurus, pasangan, Kripen, toya dan permainan senjata, materi tambahan berupa peragaan Seni Tunggal (solospel) dengan memperagakan seni kembangan, jurus-jurus, serta pasangan gerakan silat oleh para peserta.

“Acara pelatihan ini dibuka oleh Kangmas Kolonel Tri Bowo Cahyono Komsat HUBDAM sekaligus pembina olah raga di bidang pencak silat kodam XII Tanjung Pura, sekaligus beliau adalah Warga SH Terate Cabang Pontianak,”terangnya.

Sementara itu, Kangmas Suryanto sebagai Ketua Cabang Pontianak Kota mengatakan, kegiatan ini selain untuk ajang silaturrahim, juga bertujuan untuk menyamakan gerakan dalam senam, jurus, pasangan, dan lainnya yang merupakan materi inti SH Terate.

Sebelum kegiatan Diklat ini sebelum nya telah di laksanakan TOT, Penyegaran para pelatih yang telah mengikuti Diklat Nasional yang diselenggarakan oleh PSHT Pusat Madiun, mereka yang telah mengikuti diklat nasional dan telah mengikuti TOT nantinya yang akan menjadi instruktur dalam kegiatan diklat hari ini.

Dengan kegiatan diklat pelatihan pelatih, lanjut beliau, diharapkan akan ada perubahan yang langsung dapat disampaikan pada para siswa yang kini sedang berlatih di masing-masing ranting, rayon, maupun komisariat di mana para peserta kegiatan ini melatih.

Sementara itu, Ketua Dewan SH Terate Cabang Pontianak, Kangmas Warsidi mengatakan bahwa mereka para peserta pelatihan merupakan warga TK I SH Terate yang aktif melatih.“Kepada mereka kami menaruh harapan besar bagi keseragaman dan kesamaan gerakan dalam pencak silat ajaran,” terangnya.

Hal itu dikarenakan, lanjut Kangmas Warsidi, para peserta akan menjadi ujung tombak bagi penerapan informasi, keputusan, dan kebijakan baru dari dinamika Pencak Silat Ajaran di SH Terate. Dia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan para pelatih yang tangguh, tanggon, dan kredibel dalam mengembangkan ajaran pencak silat SH Terate ke masyarakat pada umumnya.

“SH Terate di harapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat sebagaimana filsafat bunga Terate yang tinggi menjulang dengan bunga yang wangi, namun mengakar kuat ke bawah serta membawa kemanfaatan bersama, membangun masyarakat yang rukun, aman dan sentosa dalam bingkai ajaran “Memayu Hayuning Buwana,”tandasnya.

  • Reporter : Humas-Cabang.
  • Editor : HUMAS-PUSAT/ANG.