Padepokan SH Terate Cabang Banyuwangi, Pusat Madiun di Percaya IPSI Menjadi Tempat Pelatihan Pencak Silat

BANYUWANGI I shterate.or.id – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengadakan penataran pelatih pencak silat. Kegiatan tersebut digelar di Padepokan Persaudarasn Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Banyuwangi Pusat Madiun, tepatnya di Trembelang Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Minggu (5/11/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KONI Kabupaten Banyuwangi, Mukayin, ST, Ketua Harian IPSI BWI, Janoto, S.Pd, Sekretaris IPSI BWI, Hidayaturrahman, S.Ag, Ketua Panitia Bambang Wahyuono.

Selain itu, Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Banyuwangi, Kangmas Lilik Sukaryadi, jajaran Ketua Perguruan silat wilayah Banyuwangi serta para peserta penataran pelatih pencak silat juga terlihat hadir.

Ketua Harian IPSI Kabupaten Banyuwangi, Janoto mengatakan tujuan digelarnya penataran ini agar para pelatih memberikan materi baru kepada para siswa perguruan silatnya. “Pelatih pencak silat digelar selama tiga, yakni pada Jumat 3-5 November 2023.

Sebab ada peraturan dan metode baru yang diterapkan, lanjut Janoto sehingga diharapkan para pelatih benar-benar paham.”Kami berharap para pelatih bisa memberikan pemahaman dan metode yang sesuai aturan kepada para siswa pencak silat,” katanya.

Selain itu, kegiatan penataran pelatih ini dalam rangka upaya pengembangan dan pembinaan pecak silat.”Ada peraturan pertandingan terbaru hasil Rapat Koordinasi Pengkab IPSI. Maka dari itu perlu kami sampaikan kepada seluruh pelatih pencak silat,” ujarnya.

Sementara itu, Kangmas Lilik Sukaryadi Ketua SH Terate Cabang Banyuwangi menyampaikan ucapan selamat datang dan mengucapkan terima kasih atas Padepokan SH Terate Cabang Banyuwangi menjadi tempat pelatihan pencak silat di tahun 2023 ini yang di selenggarakan oleh IPSI BWI Jawa Timur.

“Penataran pelatih pencak silat saat ini ada sepuluh perguruan yang ikut bergabung. Diantaranya SH Terate, Merpati Putih, Kera Sakti, Tapak Suci, Pagar Nusa, Perisai Diri, Joko Tole, Singo Wongso, Panca Bela dan Suaka Pasung Laksa. Dengan adanya pelatihan pencak silat ini kami sangat mendukung,”terangnya.

Kangmas Lilik berharap dengan pelatihan pecak silat ini, nantinya bisa mampu memberikan edukasi dan pembelajaran yang sesuai standar kejuaraan saat ini. Dengan demikian, dengan giat ini nantinya agar didapatkan bibit atlet pencak silat yang andal, berkualitas, berprestasi dan berdedikasi tinggi.

“Saya berharap kedepan para atlet pencak silat di Banyuwangi mampu menorehkan prestasi yang maksimal,” tandasnya.

  • Reporter : Humas-Cabang/Din.
  • Editor : HUMAS-PUSAT/ANG.