Dansat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Suryo Sudarmadi Beri Apresiasi Cara Pengesahan Warga Baru di Cabang Ponorogo 

Footo : Dansat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Suryo Sudarmadi, S.H., S.I.K saat memberikan sambutan di kegiatan pengesahan warga baru di Ranting Jetis Cabang Ponorogo.

PONOROGO I shterate.or.id – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Ponorogo, Pusat Madiun di tahun 2023 ini mengesahkan sebanyak 5432 calon warga baru SH Terate. Pelaksanaan pengesahan tahun ini, dilakukan secara terpisah dan bergelombang, guna mengutamakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Seperti kali ini, gelombang pertama ada 5 titik pengesahan, seperti di SDN Sawuh, Ranting Siman dan Insuri sebanyak 155 calon warga, Ranting Mlarak bertempat di SMPN 1 Mlarak sejumlah 179 calon warga, Ranting Sawoo bertempat di Balai Desa Tugurejo sebanyak 349 calon warga, Ranting Sambit bertempat bertempat di SMPN Sabit sebanyak 234 calon warga dan di Ranting Jetis bertempat SMPN Jetis sebanyak 162 calan warga.

Dalam pengesahan tersebut, selain di hadiri Ketua Cabang Ponorogo, Kangmas Moh. Komarudin S.Ag., M.Si, Ketua Dewan Cabang, Kangmas Heru Trimawan, S.Pd, Dewan Pengesah, Forkompimcam masing masing Ranting, Pengurus Cabang, para Ketua Ranting dan warga SH Terate se-Cabang Ponorogo. Pada kesempatan itu di Ranting Jetis juga di hadiri Dansat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Suryo Sudarmadi, S.H., S.I.K.

Kangmas Moh. Komarudin S.Ag., M.Si, selaku Ketua Cabang PSHT Kabupaten Ponorogo mengatakan pada gelombang pertama disyahkan sebanyak 1.500 warga baru SH Terate. Tempat pengesahan tersebut bertempat di Ranting Sawoo, Ranting Sambit, Ranting Mlarak, Rating Jetis dan Ranting Siman.

“Tiap-tiap tempat kurang lebih ada 200 s/d 349 calon warga SH Terate,” katanya usai melaksanakan pengesahan di Ranting Jetis, Sabtu, (29/07/2023).

Kangmas Muh. Komarudin sangat beryukur pelaksanaan pengesahan bisa berjalan dengan lancar tidak ada halangan suatu apapun. Ditambah pengesahan pada malam hari ini betul-betul bisa menjaga kondusifitas keamanan yang ada di masing-masing Ranting. “Itu terbukti karena kita sudah mampu melaksanakn di masing-masing Ranting dengan lancar,” ucapnya.

Ia menyebut seluruh warga yang disyahkan ada 5432. Kemudian dibagi di beberapa titik, untuk menjaga kamtibmas dan memberikan kepercayaan dan memberikan tata cara semua Ranting bisa melakukan pengesahan. Sehingga tidak harus dikendalikan oleh Cabang.

“Kita berikan kepercayaan dari Cabang di masing-masing Ranting. Sehingga pendewasaan dalam melaksanakan tugasnya di Ranting diharapkan mampu melaksanakan pengesahan atau mengantarkan adik-adik calon warga yang disyahkan nantinya,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan adanya pelaksanaan semacam ini, calon warga nantinya diharapkan oleh masyarakat dan menjadi warga PSHT Cabang Ponorogo Pusat Madiun, terdidik menjadi warga SH Terate yang berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Suryo Sudarmadi, S.H., S.I.K pada kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada PSHT Cabang Ponorogo yang mana cara pengesahannya di lakukan dengan berkala. Itu semua untuk menekan kamtibmas. Selain itu Dansat Suyo Sudarmadi berpesan kedapa adik-adik calon warga kiranya bisa menjaga kondusifitas wilayah. Selain itu Kombes Pol Suryo Sudarmadi juga menyampaikan selain menjaga kamtibmas, di harapkan calon warga baru ini bisa menjalankan ajaran PSHT. “Warga SH Terate harus berbudi pekerti luhur, tahu banar dan salah serta beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa,”tendasnya.

  • Reporter : Eko Yoga.
  • Editor : HUMAS-PUSAT/ANG.