Rapat Koordinasi Pengurus IPSI Bersama Para Ketua Perguruan Pencak Silat Se-Kabupaten Oki

Foto : Rapat Koordinasi Pengurus IPSI Bersama Para Ketua Perguruan Pencak Silat Kecamatan Se-Kabupaten Oki

OKI I shterate.or.id – Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Ogan Komering Ilir (OKI) Kangmas Supriyanto menghadiri Rapat Koordinasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten OKI, yang dilaksanakan di Padepokan SH Terate Cabang OKI, Minggu (11/6/2023).

Rapat koordinasi dihadiri pengurus IPSI Provinsi Sumatera Selatan, pengurus IPSI Kabupaten OKI, pengurus IPSI Kecamatan dan pengurus, Ketua perguruan silat antara lain, Ketua PSHT, Tapak Suci, IPSBI, IKSPI, Pagar Nusa, Paguron Sapu Jagad, Jetkundo, HIMSSI, Persinas ASAD, Tapak Manunggal dan juga Ketua PEPSI Bayu Manunggal.

Rapat Koordinasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten OKI, membahas beberapa pembahasan anatara lain, (1). Pelaksanaan MUSKAB IPSI Kabupaten OKI, (2). Training Of Trainer (TOT) terkait peraturan IPSI tahun 2022, (3). Kejuaraan IPSI CUP OKI Tahun 2023, (4). Upacara HUT RI ke-78 tahun 2023.

Pada sambutanya, Ketua IPSI OKI Kangmas Agus Masnanto,S.P.,M.P yang juga sebagai Wakil Ketua I bidang Organisasi PSHT Cabang Kabupaten OKI, menyampaikan pada Rapat Koordinasi tersebut menyampaikan bahwa masa bakti kepemimpinannya telah berakhir di tahun 2022.

“Masa bakti saya sudah berahir sejak tahun 2022, semestinya dilaksanakan Muskab IPSI Kabupaten OKI. Dan selanjutnya pada tahun ini juga akan diadakan kejuaraan IPSI OKI CUP tahun 2023 yang akan diikuti oleh seluruh atlet dari perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten OKI,”terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Kangmas Agus Masnanto setiap perguruan untuk mempersiapkan atletnya dalam laga kejuaraan yang rencana akan digelar pada bulan Agustus 2023 yang akan datang.

“Kejuaraan ini dilaksanakan juga dalam rangka menjaring sekaligus menyeleksi atlet yang berprestasi untuk mewakili atlet pencak silat OKI dalam ajang kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan tahun ini di Kabupaten Lahat, “ujarnya.

Sementara itu, Kangmas Supriyanto, Ketua Bidang Organisasi IPSI Provinsi Sumatera Selatan dan juga sebagai Wakil Ketua I IPSI Kabupten OKI sekaligus Ketua Cabang PSHT Kabupaten OKI memberikan masukan bahwa sebelum kejuaraan IPSI OKI CUP tahun 2023 dilaksanakan sebaiknya terlebih dahulu dilakukan training of trainer (T.O.T) terhadap pelatih dan wasit/juri terkait peraturan IPSI yang terbaru tahun 2022.

Hal ini dilakukan agar ada penyeragaman pemahaman terhadap aturan pertandingan yang terbaru sehingga kesalahpahaman bisa dihindari baik antar sesama atlet, pelatih dan aparat pertandingan. Disamping itu beliau juga menyampaikan bahwa jika dimungkinkan pelaksanaan pembukaan kejuaraan IPSI OKI CUP 2023 dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 sekaligus dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI yang ke 78 tahun.

  • Reporter : Toni Prabowo.
  • Editor : HUMAS-PUSAT/ANG.