Hj. Siti Ruwiyatun Istri Almarhum Kangmas Tarmadji Budiharsono Hadiri Peresmian Pusdiklat SH Terate Cabang Bojonegoro

  • Bagikan

BOJONEGORO I shterate.or.id – Peresmian Gedung Pusat Latihan (Pusdiklat) Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Bojonegoro yang di beri nama, “Gatari Kirana” telah sukses diresmikan. Peresmian gedung Gatari Kirana di hadiri langsung Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah dan jajaran Forpimda Bojonegoro, Sabu (3/09/2022).

Rangkaian peresmian Gedung Gatari Kirana Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Bojonegoro, terlihat ada prosesi penyerahan Cendera Mata kepada Hj Siti Ruwiyatun Istri Almarhum Kangmas Tarmaji Budiharsono serta kepada Bupati Bojonegoro, DR. Hj. Anna Muawanah, Kapolres, Dandim 0813, Ketua DPRD Bojonegoro oleh Ketua SH Terate Cabang Bojonegoro Kangmas Wahyu Subakdiono.

Saat di konfirmasi, Kangmas Wahyu Subakdiono mengatakan Bahwa Gedung Pusdiklat Cabang Bojonegoro yang bernama Gantari Kirana yang berarti Sinar Rembulan mengartikan sebuah filosofi Mampu menerangi dalam kegelapan artinya masyarakat mampu melihat SH Terate secara utuh, sejuk dan baik.

Lebih lanjut di katakan Kangmas Wahyu Subakdiono bahwa pembangunan Gedung Pusdiklat ini dirancang mulai tahun 2021. Pembangunan ini adalah dalam menjawab tantangan zaman dalam memberikan wadah beraktifitas agar kegiatannya tidak masuk di Kota yang kepadatan dan kerawanannya sangat tinggi.

Sebagaimana program Cabang, lanjut Kangmas Wahyu itu sendiri dalam menyediakan tempat penampungan kegiatan dari arah wilayah Bojonegoto timur, yang mana saat ini sedang berkembang. Maka dengan itulah tentunya perlu pengadaan Gedung, Sarana dan Prasarana tempat berlatih/beraktivitas.

“Gantari Kirana ” bangunan model Etnis Jawa yang dipadu Sumatra dengan luas bangunan 30 x 72 m berdiri diatas tanah 7600 m2 untuk kapasitas 3000 orang bertempat di Desa Plesungan Kapas 5 km dari Pusat Kota. Didepannya ada Monumen 100 tahun SH Terate dan fasilitas lahan parkir di depan Gedung suluas 3200 m2,”terangnya.

Perlu di ketahui bahwa Gedung tersebut diperuntukan bagi Pemusatan Latihan dan Pengesahan, namun juga diperuntukan bagi Masyarakat yang akan melaksanakan Resepsi Hajatan, maupun kegiatan masyarakat yang lain.

“Sumber dana pembangunan Gedung murni dari Kas Organisasi yang kita kumpukan bertahun-tahun. Dan tidak minta bantuan dana/sumbangan dari manapun, murni dari khas Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Bojonegoro,”tandasnya.

Pada puncak acara peresmian Gedung Gatari Kirana diawali dengan penandantangan prasasti oleh Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah yang di dampingi jajaran Forpimda serta Ketua dan jajaran pengurus SH Terate Cabang Bojonegoro.

Pagi harinya Warga PSHT yang tergabung dalam Paguyuban paramedis. Menyelenggarakan khitan masal diikuti 36 peserta, terdiri dari putra warga SH Terate dan warga sekitar gedung pusdiklat. Adapun di acara puncaknya di hibur dengan Pegelaran Wayang Kulit semalam suntuk di Gedung Pusat Latihan Gatari Kirana bersama Ki Dalang Sigit Priyantolakon dengan lakon Pendowo Timbul.

“Gedung dan Monumen ini sengaja kami resmikan bertepatan dengan 100 tahun SH Terate, sebagai hadiah dan penghormatan serta penghargaan Para Leluhur dalam ajaran dan wasiatnya mampu diterima secara Universal oleh segala lapisan masyarakat dalam dan luar negeri, yang tidak membedakan ras, suku, agama, golongan dan latar belakang sosial,”tandasnya.

  • Reporter : Tim Humas 
  • Editor : HUMAS – ANG.
  • Bagikan