Genap Satu Abad SH Terate, Cabang Tuban Terus Berkembang Memperkuat Ajaran

TUBAN I shterate.or.id – Rangkaian Peringatan seratus tahun Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban berjalan meriah dan sukses. bertempat di Padepokan SH Terate Cabang Tuban, tepatnya di kawasan Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Minggu (4/9/2022).

Sebelum acara utama dimulai, terlihat melakukan pemberian santunan kepada seratus anak yatim. Selain itu juga penyerahan buku seratus tahun SH Terate dari Humas Cabang kepada Ketua Cabang Tuban. Dengan judul “Membumikan Ajaran, Jejak Emas Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Tuban”.

Selain itu, terlihat perayaan untuk menyambut 1 Abad SH Terate semakin meriah dengan adanya pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama Ki dalang Muhammad Prasetyo Pamugkas Bayu Aji dari Surakarta dengan lakon Kresna Dhuta.

Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban, Kangmas H. Lamidi, S.P mengatakan, agenda peringatan yang cukup meriah ini dalam rangka bersyukur bahwa seratus tahun yang lalu SH Terate lahir yang didirikan oleh tokoh pendekar dari Madiun, Jawa Timur yaitu Ki Hajar Harjo Oetmo yang juga seorang pahlawan perintis kemerdekaan. Sampai akhirnya terus berkembang hingga saat ini.

‘’Untuk itu, saudara-saudaraku mari kita selalu berjuang dan mengisi pembangunan di wilayah Tuban yang kita cintai ini,’’ ujarya.

Tapi dengan perkembangan zaman yang pesat ini, lanjut Kangmas H. Lamidi menambahkan seperti di Tuban tahun ini saja bertambah 1.600 anggota baru. Pada kesempatan itu, Kangmas Lamidi juga mewanti-wanti, semua anggota menahan diri dandiharapkan tidak mencoreng nama baik perguruan silatnya dengan semakin merepotkan para tugas-tugas keamanan.

Selain itu, diharapkan para anggota SH Terate dapat mengaktualisasikan ajaran, tradisi, aturan dan etika yang melekat pada setiap insan SH Terate dimanapun berada. Dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diterima dan dicintai masyarakat.

“SH Terate Tuban berkomitmen untuk saling menjaga membuat aman dan nyaman di daerahnya masing-masing. Serta berperan positif dalam bidang kehidupannya masing-masing,’’ tegasnya.

Dirinya menjelaskan, selain pembangunan dan keamanan, SH Terate juga berkomitmen untuk menjaga tradisi leluhur. Buktinya, dalam peringatan seratus tahun SH Terate kemarin, dilakukan dengan pagelaran wayang kulit.

‘’Harapannya semua masyarakat dan warga SH Terate ikut menjaga tradisi dan kesenian terdahulu,’’ tutup Ketua Cabang yang juga Kabid Ketahanan Pangan DKPP Tuban itu.
Ketua Dewan Harkat Martabat SH Trate Pusat, Laksamana Pertama TNI KRT. Sidiq Mustofa TN, S.E., M.M pada kesempatan itu juga mengatakan, seratus tahun SH Terate adalah capaian yang patut disyukuri bersama, apalagi dengan terus bertambahnya anggota.

‘’Terima kasih ketua Cabang Tuban telah bersama rakyat Tuban, untuk menciptakan sumber daya manusia yang potensial,’’ ujarnya dalam memberikan sambutan.
Perjalanan panjang perguruan silat yang berdiri di Madiun ini, sudah sepatutnya menjadi cerminan anggotnya untuk meneruskan tekat para pendahulunya. ‘’Sudah sepatutnya semua anggota untuk terus mengembangkan SH Trate untuk menjadi SDM lebih baik,’’ ujarnya.

Kangmas Sidiq, juga mendorong agar potensi anggotanya yang begitu besar bisa mengawal dan membantu pemerintah daerah dalam pembangunan. ‘’Harapan besar dari saya, peluang-peluang untuk berprestasi selalu terbuka ini untuk diambil, inilah yang akan mengangkat nama baik Tuban,’’ jelas Kepala Biro Hukum Persidangan dan Humas Kemekopolhukam ini.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Perwakilan Pusat Wilayah Jawa Timur, Drs. Hendri Sugeng Santoso. Anggota DPR RI, Ketua dan sesepuh SH Terate Cabang Lamongan dan Rembang. Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Dandim 0811 Tuban, Kapolres Tuban, Kajari Tuban, Dua Wakil Ketua DPRD Tuban, Kepala Kesbangpol Tuban. Ketua Perguruan Silat yang tergabung dalam IPSI Kab. Tuban, para pegiat budaya Tuban, seluruh pengurus cabang, ranting dan warga SH Terate Cabang Tuban yang disahkan tahun 2022 ini.

Diketahui, dalam rangka 1 Abad SH Terate, Cabang Tuban sebelumnya telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Secara lokal maupun menjalankan program dari pengurus pusat. Yakni kirab tanah dan air dari jajaran Rayon, Ranting, Cabang hingga Nasional. Melaksanakan peragaan jurus kolosal dan kenduri Nasional. Kegiatan pengajian dan bhakti sosial juga dilakukan ditingkat Ranting dan Rayon se- Cabang Tuban.

Reporter : HUMAS – CM
Editor : HUMAS – ANG