Bentuk Penghormatan Kepada Para Pahlawan, SH Terate Cabang Tuban Serentak Gelar Upacara HUT RI Ke-77

  • Bagikan

TUBAN I shterate.or.id – Pendiri Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), Ki Hadjar Hardjo Oetomo merupakan Pahlawan Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia. Ki Hajar Hardjo Oetomo, Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang terus diwariskan kepada setiap warga SH Terate. Hal itu tertuang dalam ajaran bahkan jelas tertulis dalam mars SH Terate.

SH Terate juga telah melaksanakan Ikrar kesetiaan keluarga besar SH Terate kepada Bangsa dan Negara. yakni apabila Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diusik, maka seluruh pendekar SH Terate akan berjuang mempertahankan sampai titik darah penghabisan.

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, SH Terate Cabang Tuban melaksanakan upacara bendera di Padepokan Cabang Tuban, serta di seluruh Ranting dan Rayon se-Cabang Tuban. Hal itu telah diinstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus. Sesuai perintah Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate pusat.

“Ditingkat Ranting dan Rayon sudah melaksanakan upacara bendera, dan menjelang 1 Abad SH Terate baru pertama kali melaksanakan kegiatan ini,” Kata Kangmas H. Lamidi, S.P, usai menjadi Inspektur Upacara di Padepokan Cabang Tuban, Rabu (17/08/2022).

Kangmas Lamidi juga mejelaskan, upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 serentak dilakukan di seluruh jajaran ini sebuah pembuktian bahwa keluarga besar SH Terate sangat loyal dalam mempertahankan NKRI. Selain itu, sebagai warga SH Terate juga harus turut serta Memayu Hayuning Bawono karena hal itu sejalan dengan ajaran Di SH Terate.

“Kami ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara, yang sudah turut serta melaksanakan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini. Dan semoga tahun depan kita bisa ikut serta melaksanakan kembali kegiatan kemerdekaan RI ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Cabang SH Terate Tuban, Kangmas Sumarno, S.H., M.H., menegaskan, sebagai warga SH Terate diharapkan terus mengingat kembali perjuangan dikala masa penjajahan. Saat itu, para pendiri SH Terate mendidik pemuda untuk memiliki sifat kesatria untuk menjadi manusia yang berbudi luhur dan orang yang mempertahankan negaranya.

“Mari saudara-sadaraku warga SH Terate yang saat ini masih dapat menikmati kemerdekaan Ini, kita harus tetap bersyukur dan turut serta mengisi dan menjaga kemerdekaan ini,” harapnya.

Selain itu, dengan memperingati hari kemerdekaan ini, dilaksanakan sesuai dengan ajaran SH Terate, yakni dengan Budi Pekerti Luhur dengan menanamkan dan merasakan serta berberilaku dengan baik. Karena sebagai warga SH Terate harus menjadi teladan bagi masyarakat.

“Mari kita jalankan ajaran kita dengan baik, dan jangan sampai terpengaruh hal -hal negatif. Baik itu dari sisi teknologi informatika dan perilaku yang menyimpang dari ajaran SH Terate,” harapnya.

Diketahui, seluruh jajaran SH Terate Cabang Tuban melaksanakan kegiatan Upacara HUT Kemerdekaan RI di wilayah masing-masing. Mulai padepokan ranting, padepokan rayon dan tempat latihan. Beberapa diantaranya bergabung dengan kegiatan pemerintah desa yang juga melaksanakan upacara bendera.

  • Distributor : RHOFIK SUSYANTO
    Editor : HUMAS – ANG
  • Bagikan