Kangmas Aji Bangkit Pamungkas dan Ahmad Zein Fauzi Raih Mendali Emas dan Perak Ajang ASEAN University Games 2022 di Malaka Malaysia

  • Bagikan

PONOROGO I shterate.or.id – Kangmas Aji Bangkit Pamungkas dan Kangmas Ahmad Zein Fauzi dua pemuda dari Organisasi Persaudaran Setia Hati Terate Cabang Ponorogo pusat Madiun, Jawa Timur – Indonesia, telah menorehkan prestasi yang membanggakan dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat Dunia ke-19. Dalam kejuaraan yang digelar pada 25-31 Juli di Melaka International Trade Center, Malaysia.

Kangmas Moh Komarudin, S.Ag, M.Si Ketua SH Terate Cabang Ponorogo saat memberikan selamat kepada Aji Bangkit Pamungkas di Padepokan SH Terate Ponorogo.

Atas prestasi yang telah diraih, selain Ketua Cabang dan jajaran pengurus SH Terate Cabang Ponorogo, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko pun juga memberikan apresiasi sekaligus rasa terima kasih karena telah mengharumkan nama Ponorogo dan sekaligus nama Organisasi SH Terate Cabang Ponorogo.“Selamat atas prestasi yang diraih Aji Bangkit dan Ahmad Zein Fauzi di level internasional, “Kata Bupati Sugiri Sancoko saat penyambutan di Rumah Dinasnya, Selasa (09/8/2022).

Pemuda yang akrab disapa Kangmas Aji Bangkit itu berhasil meraih 1 mendali emas di kelas bebas 2, dengan berat minimal 110 kilogram. Pada laga pamungkasnya, atlet 23 tahun tersebut meraih juara setelah berhasil menumbangkan atlet asal Thailand, Mr Adthapong Saengtep. Dan Ahmad Zein Fauzi kakak dari Aji bangkit juga berhasil merai juara 2 dalam ajang dunia di Thailand.

Pada kesempatan itu, Bupati Sugiri Sancoko juga menyampaikan bahwa apa yang telah diraih oleh dua Atlet tersebut bukanlah sesuatu yang ditempuh dengan mudah. Usaha Bangkit dan Ahmad Zein Fauzi, menurutnya, penuh keringat dan jerih payah yang luar biasa yang patut di beri penghormatan dan sekaligus apresiasi oleh semua warga masyarakat Indonesia.

Bupati Sugiri juga memberikan dan mengapresiasi atas perjuangan Aji Bangkit dan Ahmad Zein Fauzi serta kedua orang tuanya yang sudah berjuang untuk menang. Dukungan orangtua dalam mewujudkan cita-cita anaknya begitu kuat meski berada di tengah himpitan ekonomi.

Lebih lanjut, Bupati Sugiri Sancoko berharap prestasi Bangkit dan Zein mampu memotivasi sebayanya di Ponorogo. Tidak menutup kemungkinan bakal bermunculan atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang meraih juara di ajang nasional, Asia Tenggara, Asia, hingga kejuaraan dunia. Pemkab Ponorogo akan mengimbanginya melalui pembinaan atlet serta penyediaan sarana dan prasarana olahraga. ‘’Kami mendukung penuh dengan melakukan sejumlah pembenahan,’’ terangnya.

Sementara itu, Kangmas Moh Komarudin, S.Ag, M.Si Ketua SH Terate Cabang Ponorogo saat menerima kedatangan Kangmas Aji Bangkit Pamungkas dan Kangmas Ahmad Zein Fauzi di Padepokan SH Terate Cabang Ponorogo terlihat sangat terharu dan gembira.

“Dik Aji Bangkit dan Ahmad Zein Fauzi ini dulu berlatihnya juga di padepokan sini, sampai berhasil meraih mendali emas dan menjadi atlet dunia. Tentu capaian ini dapat untuk memberikan mutifasi generasi penerus bangsa terutama adik-adiknya yang masih berlatih di Padepokan SH Terate Cabang Ponorogo ini,”terangnya.

Kangmas Moh Komarudin ikut bangga dengan raihan prestasi Bangkit dan Ahmad Zein Fauzi yang membuktikan bahwa SH Terate Cabang Ponorogo gudangnya atlet pencak silat bertalenta tinggi. Pembuktian juga dilakukan Zein, kakak Bangkit, peraih medali perak di Pesta Olahraga Mahasiswa ASEAN yang berlangsung di Thailand pada 24 Juli – 7 Agustus 2022. ‘’Prestasi keduanya sangat hebat-hebat, keberhasilan ini diharapkan kedepanya dapat memberikan semangat kepada generasi penerus,’’harapnya.

Terpisah, Bangkit mengungkapkan bahwa butuh perjuangan ekstra meraih medali emas di Kelas Bebas B Kejuaraan Pencak Silat Dunia 2022 di Melaka, Malaysia, 25 – 31 Juli 2022. Dia harus bertarung dengan pesilat berbobot 110 kilogram atau lebih. Bangkit sengaja menaikkan berat badannya. Berkat latihan rutin dan disiplin ketat, dia mampu mengalahkan Mr Adthapong Saengtep, atlet asal Thailand di babak final. ‘’Berkat suport dari Pak Bupati saat bertemu di Jakarta dan restu orang tua. Proses tidak akan pernah mengkhianati hasil,’’ ungkap Bangkit.

Dua kakak beradik itu diarak dengan mobil jip terbuka hingga transit di Pringgitan (rumah dinas bupati Ponorogo). Kang Bupati –sapaan Sugiri Sancoko—berdiri tepat di samping Bangkit. Warga seperguruan silat dengan Bangkit dan Zein ikut dalam iring-iringan kendaraan. Atlet pencak silat peraih emas Asian Games 2018 itu mengulang prestasi gemilangnya dengan menjuarai The 19th Pencak Silat Championship 2022 (Kejuaraan Pencak Silat Dunia) di Melaka, Malaysia.

Perlu diketahui bahwa ayah Bangkit sehari-hari berjualan air galon dan ibunya mantan seorang TKW di Taiwan. Adapun penyambutan Aji Bangkit dan Ahmad Zein Fauzi di sambut dengan arak-arakan mobil roda empat dengan rangkaian kendaraan Patwal, TNI dan POLRI, Mobil Aji bangkit dan sejumlah mobil Jeeb dengan rute dari perbatsan Ponorogo – Madiun tepatnya di wilayah mlilir – HOS Cokro Aminoto – Rumah Dinas Bupati Ponorogo – terahir di Podepokan SH Terate Cabang Ponorogo dan di ahiri dengan genduri bersama.

  • Reporter : HUMAS -ANG
  • Bagikan