SH Terate Cabang Brebes Gelar Kejuaraan Pencak Silat SH Terate CUP Piala Kadindikpora Tahun 2022

  • Bagikan

BREBES I shterate.or.id – Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Brebes berhasil menyelenggarakan perhelatan akbar yaitu Kejuaraan Pencak Silat SH Terate CUP Piala Kadindikpora Brebes Tahun 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak hari Jumat – Ahad (1-3 Juli 2022) kemarin diikuti oleh sekitar 500 peserta dari usia SD sampai dewasa. Acara tahunan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes yang diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Fajar Adi Widiarso, S.Hut., M.Si.

Pada kesemoatn itu Adi Widiarso menurutnya, bahwa kegiatan SH Terate CUP perlu didukung sepenuhnya karena dengan kegiatan seperti ini akan terseleksi atlit-atlit baru yang berkualitas, sehingga ke depan dapat berkiprah pada level yang lebih tinggi sebagai atlit andalan daerah maupun Nasional. Disamping itu, tentunya untuk mengenalkan seni bela diri tradisional pencak silat sebagai seni beladiri dan olahraga yang bernafaskan kearifan lokal dan perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia SH Terate CUP 2022, Takwid, S.Pd., kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan SH Terate Cabang Brebes yang sempat terhenti beberapa tahun karena merebaknya Covid-19. “Pada tahun ini kita selenggarakan kembali dengan menjaring peserta dari usia dini (SD) hingga dewasa. Dan mempertandingkan semua kelas yang ada, baik kelas seni maupun laga, Dan alhamdulillah antusias sedulur-sedulur SH Terate sangat luar biasa dan sangat meriah,”terangnya.

Pada kesempatan yang lain Ketua SH Terate Cabang Brebes, Kangmas Fauzan yang diwakili Ketua Dewan Cabang Kangmas Legowo, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan SH Terate CUP ini merupakan ajang bergengsi dari dulur-dulur SH Terate untuk mempertunjukkan hasil latihan yang dilakukan di tempat latihan masing-masing.

“Event ini dijadikan tolok ukur keberhasilan pelatihan dan pembinaan warga dan atlet selama menjalankan penggemblengan di tempat latihan. Sekarang orientasi latihan adalah keatlitan dan prestasi, sehingga latihan pencak silat yang dilakukan oleh para siswa dan warga dapat membawa efek baik dan positif. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan shooting film pendek berjudul “Ngaji Urip” yang melibatkan para warga dan siswa SH Terate Cabang Brebes,”terangnya.

Sebagai Juara Umum I adalah Rayon Karangsembung dengan mengumpulkan 16 emas 1 perak dan 4 perunggu, Juara Umum II Ranting Paguyangan dengan perolehan medali 14 emas 10 perak, dan 6 perunggu. Sebagai Juara Umum III Ranting Wanasari dengan perolehan 7 emas 5 perak dan 9 perunggu.

  • Reporter : Urip Triyono, S.S
  • Editor : HUMAS – ANG
  • Bagikan