Kata Kangmas Jono Wasinudin di Hari Raya Idul Adha, “Urip Iku Urup” Hidup Itu Hendaknya Dapat Memberi Manfaat Bagi Orang Lain

  • Bagikan

JEMBER I shterate.or.id – Hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah dengan sebutan lain Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji, dimana pada waktu tersebut kaum muslimin sedang menunaikan haji dan melaksanakan wukuf di Arafah.

Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit atau di sebut pakaian ihram. Hal tersebut melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Dan Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Sama halnya yang disampaikan oleh Kangmas Jono Wasinudin Ketua SH Terate Cabang Jember ini, Sesuai dengan ajaran yang telah di ajarkan para pendahulu kita bahwa, “Urip Iku Urup, (Hidup Itu Nyala), Hidup Itu hendaknya dapat memberi manfaat bagi orang lain, supaya semua yang kita lakukan bisa bermanfaat,”terangnya.

Kangmas Jono Wasinudin juga memberikan apresiasi kepada para warga yang ada di Ranting Wuluhan yang nama para warga yang ada di Ranting Wuluhan bisa kompak berbagi dengan melaksanakan pemotongan hewan kurban di hari Raya Idul Adha tahun ini.

Menurut Kangmas Jono, bahwa Ranting Wuluhan telah membuktikan ajaran itu, dalam momentum Hari Raya Idul Adha ini kekompakan Warga SH Terate dalam berbagi dengan sesama telah terbukti, adalah bentuk praktek ajaran yang sudah di ajarkan olah para pendahulu kita dan di praktekkan dalam kehidupan sehari hari, jadi adanya warga SH Terate sangat di butuhkan oleh masyarakat di sekitar kita, “jelas Kangmas Jono, Senin (11/7/2022).

Oleh sebab itu, lanjut Kangmas Jono menghimbau kepada para Ketua Ranting yang ada di wilayah Cabang Jember, supaya bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh Ranting Wuluhan di Hari Raya Idul Adha ini melaksanakan potong hewan kurban.

Semenatara itu, Menurut sesepuh SH Terate Ranting Wuluhan Kangmas Muhaimin, selaku Perintis dan Penasehat Ranting Warga Tingkat 2 tersebut, merasa bersyukur karena bisa berbagi bersa masyarakat setempat. “Syukur Alhamdulillah pada hari ini, Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan bisa berbagi dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban,” tutur Kangmas Muhaimin.

Jumlah hewan ternak yang di kurbankan, kata Kangmas Muhaimin, ada puluhan ekor kambing dan satu ekor sapi.“Alhamdulillah Hari Raya Idul Adha tahun ini, SH Terate Ranting Wuluhan bisa melaksanakan Kurban 1 ekor sapi dan 25 ekor kambing,” tambahnya.

Menurut Kangmas Muhaimin, daging Kurban tersebut akan dibagikan kepada warga masyarakat yang betul – betul membutuhkan, terutama masyarakat dilingkungan Padepokan.

Kita semua di Ranting Wuluhan belajar untuk menjalankan ajaran leluhur SH Terate, agar selalu berbuat baik sesuai dengan ajaran yang ada. “Saya berharap, supaya warga SH Terate khususnya warga SH Terate Ranting Wuluhan kedepan selalu berbuat baik, dan selalu berbagi dengan sesama,” harapnya.

Adapun acara penyembelihan hewan korban di Ranting Wuluhan tersebut, bisa berjalan dengan lancar dan kompak. Dan perlu diketahui, sejak berdirinya Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan, jumlah anggotanya sudah mencapai 3800 orang.

  • Reporter : HUMAS – AGUNG/FJR/ANG
  • Bagikan