Masuk di Cabang Jember, Tim Arjuna Disambut Dengan Kesenian Islami dan Seni Reog Ponorogo

  • Bagikan

JEMBER I shterate.or.id – Penyambutan Tim Arjuna di Cabang Jember Jawa Timur kali ini ada sedikit berbeda dengan Cabang – Cabang yang lain, pasalnya selain di sambut dengan para sesepuh dan pengurus Cabang, juga di sajikan dengan Kesenian Islami, yaitu Kesenian Hadrah. Adapun penyambutan Tim Arjuna bertempat di Padepokan SH Terate Cabang Jember, Jum’at (01/7/2022).

Ketua Cabang Jember, Kangmas H. Jono Wasinudin bersama Ketua Perwapus Jatim, Drs. Hendri Sugeng Santoso dan beberapa Tim Arjuna saat di konfirmasi, Jum’at (01/7/2022).

Setelah penyambutan dan bemberikan sajian beberapa kesenian lokal, terlihat Ketua Cabang Jember, Kangmas H. Jono Wasinudin, S.Kep, M.Si dalam konsepnya melakukan tahapan tahapan prosesi, mulai sambutan Ketua Cabang Jember dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Perwakilan Pusat (Perwapus) Provinsi Jawa Timur dan diakhiri dengan serah terima Tanah dan Air Ketua Cabang Jember diserahkan kepada Perwapus Jawa Timur.

Kangmas H. Jono Wasinudin, S.Kep, M.Si saat di konfirmasi Humas Pusat menyampaikan bahwa, atas nama pribadi baik Cabang Jember menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Kirab Budaya Nusantara dari Tim Arjuna dimana sudah sampai di Cabang Jember. Dan alhamdulilah Tim Arjuna di Jember ini selama dua hari. Hari pertama hari ini, kami mengumpulkan seluruh jajaran Ketua Ranting yang ada di Jember.

Lebih lanjut Kangmas H. Jono Wasinudin menyampaikan tujuan dari mengumpukan seluruh Ketua Ranting yang ada di Cabang Jember ini, harapanya apa, untuk acara besuk atau tanggal 2, Tim Kirab Budaya Nusantara akan di kirab keliling keseluruh Ranting yang ada di Jember. Jadi mulai Ranting Kaliwates, Keajung, Jenggawah, Ambulu dan Ranting Wuluhan dan di sana akan berhenti. Dan di Ranting ini semua dulur dulur ini akan kami keluarkan untuk menyampaikan selamat jalan kepada tim.

Kemudian jam 11 WIB akan jalan lagi langsung ke Ranting Balung, Puger, Ngumukmas, Kecong dan yang terahir akan kita serah terimakan ke Cabang Lumajang di Kecamatan Losowilangun. “Harapan kami kedepan dengan adanya Kirab Budaya Nusantara bisa menciptakan kekompakan, guyub rukun antar Cabang bisa terjalin. Dan kali ini telah kita wujudkan melalui Kirab Budaya Nusantara ini,”harapnya.

Dalam kirab keliling di Ranting – Ranting di Cabang Jember, terlihat suasana yang sangat luar bisa sepanjang jalan menuju Jember ke Lumajang di padati para warga dan calon warga yang terdengar sayub sayub melantunkan yel yel yaitu,”SH Terate Jaya, SH Terate Jaya, SH Terate Jaya”. Tidak hanya itu saja, untuk mengucapkan selamat jalan kepada Tim Kirab Budaya Nusantara, jajaran Pengurus Cabang dan Ranting berkumpul di Balai Desa Tanjungrejo dan memberikan suguhan pentas Seni Reog Ponorogo.

Perlu di ketahui bahwa, Kirab Budaya Nusantara dalam rangka perayaan 1 Abad SH Terate yang rencananya akan digelar pada 2 September 2022 di Kota Madiun, Jawa Timur ini juga akan di gelar berbagai rangkaian kegiatan atara lain, prosesi pengambilan Tanah dan Air di seluruh Cabang se – indonesia, prosesi Kirab Budaya Nusantara, Prosesi Genduri Nusantara, Prosesi Seminar SH Terate, Prosesi Donor Darah, Prosesi Khitanan Masal SH Terate, Prosesi santunan anak yatim dan janda dan akan di tutup acar puncak perhelatan 1 Abat SH Terate.

  • Reporter : FJR
    Editor : HUMAS – ANG
  • Bagikan