Kedatangan Tim Arjuna di Cabang Banyuwangi Disambut dengan Tarian Gandrung

  • Bagikan

JAWA TIMUR I shterate.or.id – Akan dilalui secara estafet dari tim Arjuna, sebanyak 14 Cabang SH Terate di wilayah Provinsi Jawa Timur untuk Kirab Budaya Nusantara menyambut 1 Abad SH Terate. Seperti kali ini tim khusus Arjuna Perwakilan Pusat (Perwapus) Jatim dan beberapa pengurus Pusat telah tiba di Cabang Banyuwangi, Kamis (30/6/2022).

Penandatanganan serah terima Tanah dan Air oleh Ketua Cabang Banyuwangi, Lilik Sukaryadi, S.Pd kepada Perwakilan Pusat Provinsi Jatim, Kangmas Drs. Hendri Sugeng Santoso.

Kedatanganya Tim Khusus Arjuna kali ini, di pimpin oleh Kangmas Drs. Hendri Sugeng Santoso dan terlihat disambut baik oleh Ketua dan pengurus Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Banyuwangi dan juga di suguhi beberapa kesenian lokal, seperti Tari Gandrung. Adapun prosesi penyambutan Tim Khusus Pusat tersebut, bertempat di Aula Padepokan SH Terate Cabang Banyuwangi.

Tari Gandrung Kesenian asli Kabupaten Banyuwangi saat pentas penyambutan tim Arjuna SH Terate.

Dan perlu di ketahui bahwa setelah penerimaan tanah dan air dari Cabang Banyuwangi ini,Tim Khusus Arjuna akan berkeliling secara estafet di beberapa Cabang seperti Cabang Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo dan terahir di Padepokan Agung Madiun.

Dikatakan Kangmas Lilik Sukaryadi, S.Pd, Ketua SH Terate Cabang Banyuwangi bahwa, pada saat ini Cabang Banyuwangi punya gawe yaitu menyampaikan tanah dan air kepada Perwakilan Pusat (Perwapus) Jawa Timur dan utusan pusat yang akan di bawa ke Madiun.

“Pada tanggal 27 kemarin kami telah mewakili pengurus Pusat Madiun untuk menerima tanah dan air dalam rangka Kirab Budaya Nusantara Persaudaraan Setia Hati Terate untuk menerima tanah dan air dari wilayah Indonesia timur dalam hal ini di wakili oleh Kangmas Juoro Selaku Perwapus Bali,”terangnya.

Lebih lanjut Kangmas Lilik Sukaryadi menambahkan, dalam prosesi tagal 27 kemarin, Kangmas Juoro membawa perwakilan tanah dan air dari wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Bali. Adapun prosesi penerimaan Tanah dan Air tanggal 27 lalu bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Pada malam hari ini tanah dan air dari beberpa wilayah di tiga Provinsi itu, kami teruskan kepada Perwakilan Pusat Provinsi Jatim, Kangmas Drs. Hendri Sugeng Santoso untuk di bawa ke madiun. Harapanya dengan simbul tanah dan air se Nusantara ini, Persaudaraan Setia Hati Terate semakin kuat, guyub rukun dan jaya kekal, abadi untuk selama lamanya,”harapnya.

Sementara itu Kangmas Drs. Hendri Sugeng Santoso juga menyampaikan bahwa acara kirab budaya ini telah di sepakati oleh seluruh warga SH Terate di seluruh Indonesia serta di sepakati oleh seluruh Cabang SH Terate. Dan hari ini Tim Arjuna telah tiba dan akan mengambil tanah dan air yang telah terkumpul sejak tanggal 27 kemarin di Cabang Banyuwangi.

“Tanah dan air yang kami terima dari Cabang Banyuwangi akan kami teruskan secara estafet ke Cabang cabang yang telah di jadwalka dan dibawa ke Madiun. Tanah dan air disatukan dari seluruh Nusantara ini, sebagai simbul atau velosofi yang baik untuk kebersamaan warga SH Terate dalam rangka menyambut perayaan 1 Abad Persaudaraan Seti Hati Terate,”tandasnya.

  • Reporter : FJR
  • Editor : HUMAS – ANG

  • Bagikan