Pagelaran Budaya, Penyerahan Tanah dan Air Cabang Tuban Sambut 1 Abad SH Terate

  • Bagikan

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas Lamidi, S.P saat melaksakan prosesi serah terima tanah dan air untuk 1 Abad SH Terate.

TUBAN I shterate.or.id  – Penyerahan dan Penerimaan Tanah dan Air Ranting Se-Cabang Tuban, Jumat (24/06/2022) malam di Lantai 2, Padepokan Cabang Tuban seperti pagelaran budaya akbar. Karena lintas kebudayaan ditampilkan dalam acara menyambut 100 tahun (1 abad) SH Terate.

Prosesi penyerahan dan penerimaan tanah dan air yang dilakukan Cabang Tuban seolah menjadi pagelaran budaya. Pasalnya, dalam acara tersebut sejumlah unsur budaya dan penuh filosofi ditampilkan. Mulai prosesi penyerahan ranting, hingga tahapan acara yang berlangsung.

Tiap ranting terdiri dari 22 orang, dan penunjuk jalan (cucuk lampah) yang berada di paling depan. Cucuk Lampah, cucuk dapat dimaknai sebagai pemimpin pasukan dan lampah artinya pemimpin. Dalam tiap kelompok ada pemimpinnya yang harus diikuti oleh setiap anggotanya. Cucuk lampah tidak hanya berjalan biasa, melainkan dengan memperagakan seni pencak silat khas SH Terate memasuki lokasi acara.

Baris pertama dua personil Pamter membawa bendera merah putih dan panji SH Terate. Kemudian disusul Ketua Ranting dan pengurus membawa tanah dan air, yang sebelumnya dikumpulkan dari pedepokan ranting, rayon dan tempat Latihan. Disusul para koordinator rayon secara bergantian memasuki arena acara dengan iringan musik gamelan secara langsung.

Prosesi ini cukup lama, karena 19 ranting secara bergantian memasuki lokasi acara.
Penerimaan tanah dan air langsung diterima oleh Ketua Cabang, Kang Mas Lamidi, S.P. dan Ketua Dewan Cabang, Kang Mas Sumarno, S.H., M.H. Yang selanjutnya disimpan untuk diserahkan kepada rombongan kirab nasional yang akan singgah di Padepokan Cabang Tuban bulan depan. Kemudian dibawa ke pusat, Madiun, untuk disatukan dengan tanah dan air Se-Indonesia di monumen 1 Abad SH Terate.
Selain itu, sejumlah tarian tradisional juga ditampilkan dihadapan para hadiri. Serta penampilan seni ganda warga SH Terate yang cukup memukau. Menambah suasana penyerahan tanah dan air di Cabang Tuban semakin meriah dan penuh makna ke Indonesia-annya.

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas Lamidi, S.P. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh ketua ranting dan pengurus, koordinator rayon serta segenap warga SH Terate Cabang Tuban. Karena telah menjalankan instruksi pusat dengan mengambil tanah dan air dari wilayah masing-masing. “Kami sangat mengapresiasi saudara-saudara sekalian. Momen 1 Abad SH Terate ini adalah momentum spesial untuk kita warga SH Terate,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tuban, Faisol Rozi dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada SH Terate Cabang Tuban. Saya ucapkan terimakasih kepada SH Terate Cabang Tuban, Karena selama ini paling aktif membuat kegiatan, serta paling banyak memiliki atlet. “Saya paling sering diundang SH Terate karena paling aktif membuat acara. Serta mohon do’anya atlet IPSI dalam Porprov Jatim 2022 yang dikirim mayoritas dari SH Terate,” ungkapnya.

Diketahui, hadir dalam acara ini, para sesepuh SH Terate Cabang Tuban, pengurus Ranting, pengurus Rayon Serta para undangan, diantaranya pegiat budaya di Kabupaten Tuban, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, serta sejumlah tokoh lainnya.

  • Reporter :Humas Cabang Tuban.
  • Editor      : Humas -Ang.
  • Bagikan