Jelang 100 Tahun Terate Emas, Perwapus Kaltim Bakal Gelar Hajat Bergengsi

  • Bagikan

BALIKPAPAN | shterate.or.id – Dalam rangka menuju 100 tahun Terate Emas, perhelatan besar Kejuaraan Bela Diri Pencak Silat SH Terate Cup Kalimantan Timur 2022 siap digelar.

Rencananya, gelaran tersebut akan dilangsungkan di BSCC atau Dome Balikpapan pada tanggal 25 hingga 26 Maret 2022.

Sebagai tuan rumah, Ketua Perwapus SH Terate Kalimantan Timur, Kangmas H Samidjo Hadi Wiyono, mengatakan kejuaraan tersebut nantinya akan diikuti 9 cabang SH Terate seluruh Kaltim yang meliputi Balikpapan, Samarinda, Kukar, PPU, Paser, Bontang, Kutim, Kubar dan Berau.

“Seluruh cabang sudah menyiapkan para atlet pilihan terbaiknya untuk bertanding. Mereka sebelum ikut kejuaraan telah ikut Training Center,” ujar H Samidjo, siang kemarin.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan, Kangmas H Soegito, menjelaskan dalam kejuaraan kali ini akan dipertandingkan banyak kelas. Seperti salah satunya kelas bebas yang nantinya sekaligus seleksi atlet terbaik untuk berlaga di tingkat nasional hingga skala dunia.

“Perhelatan kejuaraan SH Terate Cup tingkat wilayah diadakan seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Kaltim. Semua atlet terbaik sebagai juara masing-masing provinsi, akan dikirim ke Pusat Madiun untuk kejuaraan tingkat nasional,” tambahnya.

Para pejabat seperti Gubernur Kaltim, Pangdam VI/Mlw, Kapolda Kaltim, Wali Kota, Ketua DPRD Balikpapan, Kapolresta, Dandim 0905, Danlanud Dhomber, Danlanal Balikpapan, Dir Polairud Polda Kaltim dan seluruh perwakilan perguruan pencak silat bakal diundang dalam pembukaan kejuaraan.

“Pertandingan kejuaraan sifatnya terbuka untuk umum, siapa saja boleh melihat pertandingan,” pungkas Kangmas H Soegito.

Dan bahkan, lanjutnya, kejuaraan yang melibatkan 40 wasit juri berlisensi tersebut akan dibuka oleh Ketua Dewan Pusat, Kangmas H Issoebiantoro, SH.

Tak hanya itu, pentas budaya 9 dadak merak Reog Ponorogo dan tarian Dayak hingga bazaar UMKM oleh Forum Komunikasi Paguyuban Kota Balikpapan (FKPB) rencananya juga turut memeriahkan pembukaan tersebut.

Kontributor: Hilmy/ono
Editor: Tim Humas
Publisher: DNY

  • Bagikan