Swadaya Seduluran, SH Terate Ranting Kerek Cabang Tuban Bantu Korban Banjir

  • Bagikan

TUBAN | shterate.or.id – Tunjukkan kiprahnya dalam menjalankan ajaran, Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Ranting Kerek, Cabang Tuban, Jawa Timur memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada warga masyarakat yang terdampak banjir bandang di wilayahnya.

Adapun bansos yang diberikan tersebut diantaranya membagikan paket sembako, memperbaiki tanggul, membersihkan lingkungan hingga memperbaiki rumah yang rusak.

Dan untuk mendukung kelancaran bansos, juga didirikan Posko Bencana Banjir di Desa Temayang, Kecamatan Kerek.

Perlu diketahui, bencana banjir terjadi pada Kamis (10/3/2022). Dan bansos dilakukan sehari setelahnya dengan melibatkan anggota maupun siswa SH Terate hingga sepekan lebih dengan puncaknya pada Senin (21/03/2022).

Ketua SH Terate Ranting Kerek, Kangmas Sunarto, S.P, mengungkapkan bansos oleh Ranting Kerek kali ini atas dasar panggilan jiwa dan dilakukan secara sukarela serta ikhlas dari hasil swadaya warga SH Terate. Karena hal itu sesuai ajaran perguruan, yakni ikut serta memayu hayuning bawono yang salah satu bentuknya adalah peduli terhadap sesama.

“Kita memberikan bantuan sekedarnya pada masyarakat yang terkena dampak banjir. Sehingga pada hari ini memberikan 200 bingkisan pada masyarakat yang tersebar di 4 desa, yakni Desa Temayang, Desa Margomulyo, Desa Padasan dan Desa Jarorejo,” paparnya.

Di sisi lain, hal yang sama pun juga dilakukan personil Pengamanan Terate (Pamter) Ranting Kerek. Seperti contohnya memperbaiki tanggul yang jebol, membersihkan aliran sungai dari timbunan material serta memperbaiki fasilitas umum seperti gedung sekolah hingga masjid.

Dan atas upaya itu semua, Kangmas Sunarto mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah aktif membantu masyarakat selama sepekan lebih.

“Terima kasih kepada semuanya, semoga kiprah kita memberikan manfaat bagi kita maupun masyarakat. Yang jelas mari jaga lingkungan kita dari segala bentuk kerusakan,” tutup Kangmas Sunarto.

    Kontributor: Cipnal
    Editor: Tim Humas
    Publisher: DNY

  • Bagikan