Perkuat Organisasi dan Peguruan, Cabang Tuban Hadirkan Pengurus Pusat

Kangmas, Sigid Agus Hari Basoeki saat memberikan sambutan di Pendopo SH Terate Cabang Tuban, Jum’at (18/3/2022).

TUBAN | shterate.or.id – Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban, menghadirkan Pengurus Pusat untuk memberikan pembinaan dan sosialisasi Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) 2021. Dengan menghadirkan warga tingkat II, pengurus Cabang, ketua Ranting, Ketua Komisariat maupun Koordinator Pengamanan Terate (Pamter) ranting, bertempat di Padepokan Cabang Tuban, Jum’at (18/3/2022).

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas Lamidi, S.P saat sambutan.

Dalam acara ini, hadir Ketua 1 Pengurus Pusat Madiun, Kangmas, Sigid Agus Hari Basoeki, S.H., M.Si dan Departemen Pembinaan Organisasi, Kangmas, Wahyu Subagdiono, S.Sos. Para sesepuh dan pengurus SH Terate jajaran Cabang Tuban. Dalam kegiatan tersebut para peserta yang hadir mendapat penjelasan terkait peran dan fungsi perguruan dan organisasi. Karena organisasi SH Terate berbeda dengan organisasi pada umumnya. Sehingga penjelasan tersebut sangat dibutuhkan dalam menjalankan organisasi paseduluran ini.

Kangmas Wahyu Subagdiono, S.Sos saat memberikan sambutan dan wawasan.

Kangmas, Sigid Agus Hari Basoeki mengungkapkan, organisasi adalah penjabaran dari perguruan. Tujuan perguruan dicapai melalui sarana organisasi. Meskipun hanya syarat bentuk lahir, namun hal itu tidak boleh diabaikan. Organisasi yang berlandaskan nilai-nilai perguruan. “Hal ini yang bisa menjaga SH Terate hingga usia 100 tahun. Para leluhur kita sudah sangat visoner waktu itu membuat SH Terate tidak hanya perguruan tetapi dikelola secara organisasi,” katanya.

Ditegaskan, SH Terate itu tetap sebuah perguruan yang dikelola secara organisasi. Sehingga ada hal yang tersirat (perguruan) dan tersurat (organisasi). “Pada kesempatan ini nanti akan di jabarkan seperti apa pemahaman tentang sebuah perguruan yang dikelola secara organisasi itu, tentu ada latar belakang dan ada tujuannya,” ungkapnya.

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas Lamidi, S.P menjelaskan, Cabang Tuban mengundang kedua narasumber dari pengurus pusat untuk memperkuat perguruan maupun organisasi. “Agar nanti bisa menambah wawasan saudara-saudara yang ada di Tuban, agar bisa mengerti AD/RT yang sudah lama ini cetuskan di dalam Parluh (Parapatan Luhur) 2021,” jelasnya.

Selain itu, diharapkan para pengurus SH Terate Tuban baik dari tingkat cabang, ranting maupun komisariat, semua harus tau secara gamblang AD/ART yang terbaru yaitu tahun 2021 ini. “Semoga saudara- saudara SH Terate dapat mengetahui dan memahami tentang AD/ART yang terbaru,” harapnya.

  • Reporter : Siknal
  • EDitor : M. Anang Sastro