Tiap 3 Bulan Sekali, SH Terate Ranting Tuban Cabang Tuban Pusat Madiun Gelar Donor Darah

  • Bagikan

TUBAN I shterate.or.id– Manusia sebagai makhluk sosial sudah sepatutnya saling bahu membahu agar bermanfaat untuk membantu sesama. Hal ini diwujudkan oleh warga Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Ranting Tuban, Cabang Tuban, Pusat Madiun. Acara digelar di Padepokan SH Terate Cabang Tuban tepatnya di Kawasan Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kab. Tuban, Sabtu (18/12/2021).

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas Lamidi, SP saat di konfirmasi melalui pesan Whatsapp mengatakan bahwa Donor darah yang di selenggarakan ini tetap mentaati Protokol Kesehatan (Prokes). Dikatakan Kangmas Lamidi kegiatan peduli kemanusiaan itu dilaksanakan, Selain bergantian mendonor, kedatangan peserta juga dijadwal, Hal ini sebagai upaya pengurus untuk menjalankan kegiatan dengan tetap tidak menimbulkan kerumuman.

Selain itu, Kata Kangmas Lamidi donor darah ini sudah dilakukan ke empat kalinya. Sebagai rutinitas tiap 3 bulan sekali. “Awal kegiatan ini dilakukan karena sering dikabarkan PMI Kabupaten Tuban kewalahan memenuhi kebutuhan transfusi darah. Khususnya masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) cukup melonjak,”terangnya.

Kegiatan ini juga wujud nyata menyebar kemanfaatan organisasi dan perguruan kepada masyarakat luas. Yakni membantu bagi sesama atau upaya tolong menolong khususnya kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia Kabupaten Tuban, Dr. H. Karmani, SH. M.Si, mengapresiasi kegiatan rutinitas donor darah ini. Ranting Tuban telah berkiprah membantu sesama.Dalam kegiatan donor darah bagi pendonor pun memiliki manfaat yaitu dapat mengetahui keadaan status kesehatan tubuh kita, dimana bila kita dapat mendonorkan darah kita maka status kesehatan kita artinya dalam keadaan baik karena memenuhi syarat sebagai pendonor sekaligus dapat membantu orang yang membutuhkan bantuan transfusi darah.

“Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk keluarga, rekan, kerabat yang sangat membutuhkan. Karmani berpesan kepada SH Terate Tuban dan SH Terate secara keseluruhan semoga SH Terate semakin Berjaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua SH Terate Ranting Tuban, Kangmas Sugeng Widodo PS., S.Si mengatakan bahwa donor darah ini merupakan wujud salah satu hal sederhana pelaksanaan ajaran budi luhur Memayu Hayuning Bawono oleh warga maupun siswa.

“Ini semua rayon mengikuti, Kemudian yang lebih penting lagi memberikan contoh kepada anggota SH Terate sendiri dan masyarakat secara umum. Bahwa kebesaran SH Terate tidak hanya ditunjukkan dengan kuantitas tapi kualitas. Pemahaman ajaran yang setiap saat kita lakukan tidak terbatas ruang dan waktu yang didasari kesadaran diri dan keikhlasan masing-masing pribadi,” terangnya.(SIK/AG/HUM).

  • Bagikan
Don`t copy text!