Menjadi Tradisi Adat Jawa, Gotong Royong Warga SH Terate Membangun Padepokan Cabang Batang Pusat Madiun

  • Bagikan

BATANG | shterate.or.id – Dengan semangat gotong-royong, ratusan anggota Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Batang Pusat Madiun menggelar Kerja Bakti penyelesaian plaster pengerasan dasar lantai padepokan Cabang Batang, Minggu (28/11/2021).

Kerja Bakti pembangunan Padepokan tersebut, bertempat di Desa Wonokerso, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Adapun Kerja Bakti pembangunan pengerasan lantai dasar yang dikerjakan bersama – sama oleh Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Batang, berlangsung lancar dan sukses.

Dikatakan Ketua SH Terate Cabang Batang, Kangmas Bambang Heriyanto, S.Pd, bahwa pembangunan penyelesaian plaster pengerasan dasar lantai di padepokan tersebut seluas 26 x 15 meter. “Pengerjaan dilaksanakan secara gotong-royong oleh Warga SH Terate Cabang Batang. Itu semua sebagai wujud nguri-uri adat dan melestarikan budaya Jawa dengan semangat kebersamaan,” ujarnya.

Guyub rukun, lanjut Kangmas Bambang Heriyanto, selalu kami tanamkan dalam setiap kegiatan agar tetap tumbuh dan berkembang di setiap warga SH Terate Cabang Batang. “Berat sama dipikul ringan sama dijinjing, Gotong-royong ini sebagai tradisi adat Jawa yang tidak bisa dihilangkan, Alkhamdulilah proses plester akhirnya selesai hari ini, ” katanya.

Pada kesempatan itu, Kangmas Bambang Heriyanto juga menyampaikan personel SH Terate Cabang Batang yang dilibatkan berasal dari 15 Kecamatan yang dibagi menjadi dua tahap. “Pelaksanaan sesuai dengan rencana pagi hingga siang 7 Ranting sementara siang sampai sore 8 Ranting perwakilan masing-masing Ranting ada 10 orang, namun yang hadir lebih dari 200 orang,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Ranting Limpung Cabang Batang, Kangmas Sutiyarso menjelaskan bahwa sumber dana untuk pelaksanaan kerja bakti tersebut bersumber dari hasil gotong royong anggota secara spontan.”Materi bangunan berupa 85 sak semen, 4 truk pasir secara sukarela sumbangan dari anggota,”jelasnya.

Senada perwakilan dari Ranting Wonotunggal Cabang Batang, Kangmas Sugeng Suhartadi menyampaikan bahwa semua perwakilan Ranting hadir sesuai dengan rencana.”Target telah selesai, itu semua berkat semagat kebersamaan semua. Itu semua bertujuanuntuk membesarkan nama baik organisasi dan persaudaraan,”pungkasnya.(Hum Batang/DN/AG).

  • Bagikan
Don`t copy text!