Membentuk Manusia Berbudi Luhur, Ketua PSHT Ranting Bringin Cabang Ngawi Gelar Turba Rutin

  • Bagikan

NGAWI I shterate.or.id – Salah satu tujuan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) atau yang biasa disebut SH Terate adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam jalinan PersaudaraaN kekal abadi, melalui pelajaran pencak silat. Persaudaraan yang diyakini dan dianut oleh SH Terate adalah Persaudaraan yang tulus dengan didasari rasa saling sayang menyayangi, hormat menghormati dan bertanggung jawab.

Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, tidak dilandasi hegemoni keduniawian, seperti drajat, pangkat dan martabat, juga bukan Persaudaraan yang dibatasi suku, ras, agama dan antar golongan.

Dan untuk menguatkan rasa Persaudaraan antar warga SH Terate serta untuk mencapai tujuan itu, PSHT Ranting Bringin Cabang Ngawi Pusat Madiun telah melaksanakan kegiatan rutin satu bulanan yaitu, acara Turba atau turun ke Rayon – Rayon di wilayah Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.


Kegiatan Turba kali ini, langsung dipimpin oleh Ketua Ranting Kangmas Sukiman yang di dampingi pengurus Ranting Kangmas Suparno dan bebarapa tokoh lainnya. “Turba di laksanakan pada malam ini di tiga Rayon sekaligus yaitu, di Sub Rayon Boto, Sub Rayon Mojo dan Sub Rayon Sumber Bening. Adapun kegiatan saat ini dapat berjalan dengan lancar dan tiada halangan suatu apapun,”terang Ketua Ranting Kangmas Sukiman, Sabtu (30/10/2021).

Dalam setiap kegiatan Turba, terlihat Kangmas Sukiman selalu memberikan ke SH an pada Siswa agar mengerti didikan SH Terate. Selain itu, Kangmas Sukiman juga selalu memberikan pitutur luhur serta mengingatkan pada semua warga yang hadir agar tidak lupa didikan – didikan Budi luhur SH Terate dan juga memberikan penjelasan terkait perkembangan SH Terate saat ini agar semua warga tidak salah arah. Kangmas Sukiman berharap agar warga SH Terate harus tau akan perjalanan dan perkembangan SH Terate dan tidak lupa asal usul atau sejarah perjalanan SH Serta jangan percaya berita hoax. (HUM).

  • Bagikan
Don`t copy text!