Sukses, Sebanyak 76 Warga PSHT Ikuti Diklat Pamter di Tulang Bawang Barat

  • Bagikan

LAMPUNG I shterate.or.id – Sebanyak 76 orang warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dari seluruh Ranting PSHT Tulang Bawang Barat mengikuti pendidikan dan pelatihan Pasukan Pengaman Terate (Pamter) yang diselenggarakan oleh pengurus Cabang PSHT Tulang Bawang Barat. Diklat Pamter dilaksanakan selama dua hari satu malam sejak tanggal 23 hingga 24 Oktober 2021 di padepokan PSHT cabang Tulang Bawang Barat maupun di luar Padepokan.


Peserta diklat diberikan materi mengenai kedisiplinan, baris-berbaris, dan kesetiaan yang dibimbing langsung oleh Anggota TNI dan Polres Tulang Bawang Barat. Selain itu juga diberikan materi tentang legalitas organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. Materi tentang legalitas ini disampaikan oleh Eko Budi Sulistio, pengurus Perwakilan Pusat PSHT Provinsi Lampung sekaligus anggota Tim Paralegal Lembaga Hukum dan Advokasi (LHA) PSHT Lampung.


Pamter merupakan singkatan dari pengamanan terate, yakni satuan pengamanan internal yang dibentuk oleh PSHT sesuai dengan AD ART tahun 2021. Oleh karena itu pamter merupakan organ resmi dari PSHT dan bukan merupakan komunitas yang dibentuk oleh warga PSHT. Dengan demikian pamter tidak dapat disamakan keberadaannya dengan komunitas-komunitas yang ada di lingkungan PSHT yang dibentuk secara bebas oleh kelompok kelompok warga PSHT.


Tugas utama pamter adalah menjaga dan melindungi nama baik organisasi, kegiatan serta aset-aset PSHT dari upaya-upaya gangguan dan rongrongan dari pihak manapun yang ingin mengganggu dan merusak nama baik PSHT. Pamter bukanlah organisasi dalam organisasi di PSHT. Pamter harus tunduk dan patuh sepenuhnya kepada ketua cabang dan tidak boleh terpengaruh oleh perintah dari pihak manapun. Pada Diklat kali ini anggota pamter Tulang Bawang Barat mengikrarkan janji setia pamter Tulang Bawang Barat yang disebut dengan Panca Setia pamter Tulang Bawang Barat.

Menurut Kangmas Kusen selaku Ketua Cabang PSHT Tulang Bawang Barat mengatakan, bahwa Diklat Pamter kali ini merupakan Diklat Pamter yang terbesar yang pernah dilakukan oleh PSHT Cabang Tulang Bawang Barat. “Saat ini setiap ranting telah memiliki personil Pamter masing-masing meskipun jumlahnya tidak sama karena disesuaikan dengan kebutuhan Ranting masing-masing dan kemampuan keuangan Cabang dalam mendiklat anggota Pamter,”terangnya.

Ikrar Panca Setia Pamter Cabang Tulang Bawang Barat:
1. Kami Pamter Tubaba mendukung penuh kepemimpinan Kangmas Murjoko HW sebagai Ketua Umum Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate, Kangmas Supeno sebagai Ketua Perwapus PSHT Lampung dan Kangmas Kusen sebagai Ketua Cabang PSHT Tubaba.
2. Kami Pamter Tubaba siap lahir batin menegakkan ajaran SH Terate dimanapun berada.
3. Kami Pamter Tubaba rela berkorban jiwa dan raga untuk menegakkan kebenaran dan menghancurkan kedzaliman menurut ajaran SH Terate
4. Kami Pamter Tubaba menjaga nama baik dan persatuan Persaudaraan Setia Hati Terate di Tubaba.
5. Kami Pamter Tubaba siap mendukung penuh kebijakan2 pengurus cabang PSHT Tubaba dalam menegakkan aturan organisasi dan hukum yang berlaku di wilayah NKRI.
Demikian Janji Setia kami sebagai Anggota Pamter PSHT Tubaba. Ikrar yang di sampaikan bersama. (HUM).

  • Bagikan
Don`t copy text!